Olahraga teratur sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan, semua orang juga tahu. Tapi mengapa kok berolah raga secara teratur sulit? Mengapa sedikit sekali orang yang melakukannya? Lebih sedikit lagi pada kalangan wanita. Kalau Anda penasaran mengetahui jawabannya, ada riset oleh Universitas Temple yang pernah mencoba menemukannya.

Para peneliti di univerisitas itu menanyakan sebuah kuesioner pada 278 perempuan dengan berbagai kategori berat badan apa yang membuat mereka tidak berolahraga. Empat besar hambatan pada semua wanita adalah: tuntutan keluarga, kurangnya minat, tidak ada mitra latihan danGirl doing exercises on Morro Strand State Beachphoto © 2011 Mike Baird | more info (via: Wylio)
kekurangan energi
. Bagi wanita gemuk, penghalang terkuat adalah merasa terlalu gemuk untuk latihan, diikuti dengan perasaan sadar diri atas penampilan mereka. Banyak wanita merasa mereka terlalu kelebihan berat badan untuk latihan dan khawatir penampilan mereka akan terlihat jelek dibandingkan orang-orang yang lebih berpengalaman atau berkondisi fisik lebih baik. Jika Anda tidak nyaman dengan penampilan Anda, Anda akan merasa seolah-olah sedang menarik perhatian semua orang kepada diri Anda dengan berolahraga, khususnya dengan pakaian olahraga yang mengungkapkan lekuk tubuh Anda. Alasan lain termasuk takut cedera dan adanya nyeri ringan atau keluhan badan lainnya. Semakin banyak hambatan, semakin kurang olahraga yang dilakukan.

“Ini untuk pertama kalinya kami mampu melihat apa yang secara sistematis menghalangi wanita gemuk untuk mendapatkan aktivitas yang mereka butuhkan,” kata Melissa Napolitano, PhD, profesor kinesiologi dan psikolog klinis di Pusat Penelitian dan Pendidikan Obesitas di Universitas Temple.

Para peneliti percaya bahwa cara mengatasinya adalah dengan merancang program latihan yang menghilangkan hambatan. Berjalan kaki mungkin salah satu cara terbaik untuk memulai. Mulailah dengan berjalan mengitari lingkungan rumah Anda, dan tingkatkan jarak Anda dari waktu ke waktu. Hal ini akan membangun kepercayaan diri dan Anda akan mulai merasa lebih nyaman dengan tubuh Anda saat berolahraga. Anda juga dapat mengenakan pakaian yang tidak ketat atau minim agar dapat melakukan olah raga di mana saja.

Pastikan jenis olahraga yang Anda pilih sesuai tingkat kebugaran dan keterampilan Anda. Mengambil kelas pemula dan berlatih dengan bimbingan pelatih dapat membantu Anda meringankan kecemasan dan mendapatkan bentuk latihan yang aman dan tepat. Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang parah, berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum dan selama menjalankan program latihan baru.

Sumber : http://majalahkesehatan.com/mengapa-wanita-kesulitan-berolahraga/